_φ(□□ヘ) – WriteLn ( )

Life has to be more dramatic

Soal Waktu — November 27, 2015

Soal Waktu

Berdasakan sistem penanggalan kosmik (Cosmic Calendar) sudah hampir lebih dari 4 detik yang lalu Rasulullah lahir dan diutus ke dunia… Setidaknya itu yang secara tidak langsung dikatakan oleh Carl Sagan, seorang astronom berkebangsaan Amerika Serikat sekaligus penulis beberapa buku best seller bertema sains populer.

Cosmic Calendar adalah sebuah kalender sejarah peristiwa alam semesta sepanjang 13,8 milyar tahun yang dirangkum ke dalam 1 tahun penanggalan masehi.

alt text
[ Sumber ]

Dengan bersandar pada teori Big Bang dan konsep rasio waktu sederhana dapat diperoleh perbandingan bahwa 1 detik kosmik sebanding dengan 434 tahun waktu sebenarnya. Kalender diawali dari peristiwa Big Bang pada 1 Januari tengah malam sampai detik terakhir di malam terakhir 31 Desember.

Ya, dalam perhitungan tersebut kita hidup di detik terakhir.. Lebih tepatnya jam 23.59.59, bahkan kurang dari 1 detik sebelum tahun baru kosmik. Terlepas dari kebenaran teori Big Bang dan berapa umur alam semesta, kehidupan dunia memang hanya sementara.. sekejap mata.. rata-rata umur manusia (63 tahun) hanya setara 1/6 detik… sekali ngedip aja belum beres :v

Berlari dikejar waktu yang hanya sedikit tanpa mengumpulkan coin (baca: amal) adalah sebuah kebodohan.

alt text

Menukar kehidupan abadi dengan kehidupan yang sekejap mata rasanya konyol sekali.
Hmm.. Rasanya belum terbayang kecuali sedikit tentang bagaimana konsep hidup kekal di akhirat. Terutama di surga.. Hidup tanpa dikejar waktu, tidak ada yang namanya buang – buang waktu lagi.. Bahkan menurut suatu riwayat seseorang dapat duduk di singgasananya dan berbincang dengan istrinya selama 40 tahun. Tidak ada lagi kerja keras, tidak perlu menanam bibit hanya tinggal memanen hasil..

Manusia memang memiliki kecenderungan terhadap sesuatu yang ada di depan mata saja, belum paham kalau belum merasakan.. seperti memahami pepatah orang tua yang baru dirasakan setelah beranjak dewasa.

Hanya tulisan setelah sekian lama.
Lebih baik saya akhiri sebelum tulisan ini berakhir puitis..

Be obsessed! — October 11, 2015
[SBS] Strategi Bangun Subuh — April 15, 2015

[SBS] Strategi Bangun Subuh

Susah bangun subuh? SAMA!!
DONE!
THE END!!

Belum deng..
Jeng jeng.. Saya hadir untuk berbagi pengalaman seputar beberapa alternatif solusi yang mungkin bisa membantu anda menangani masalah yang satu ini. Berikut ulasannya :

Tidak Tidur

#YouDon’tSay This is the most straightforward method. Ya, mungkin anda para pejuang subuh setidaknya pernah berpikiran “mending ngga tidur sekalian”.. right?
Tapi tahukah kamu??

Metode ini banyak kekurangannya..

  • Mulai dari pola hidup yang tidak sehat, bayangkan saja bila setiap hari harus tidak tidur demi bangun subuh.. Angin malam itu tidak baik (ceunah)
  • Waktu pagi hari atau siang hari yang umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas sehari – hari harus jadi jadwal pengganti tidur. Rezekinya keburu dipatok ayam :p
  • Masih ada resiko gagal begadang karena tidak kuat dan akhirnya tertidur sebelum subuh. 😐

Tidur Lebih Awal

Cobalah untuk tidur lebih awal, mungkin kurang dari jam 9 atau 10an. Kalo kondisi badan tidak terlalu letih, kemungkinan bisa bangun jam 2 atau jam 3 an.. Lah, belum subuh dong? Yaa kalo bangun sebelum subuh, manfaatkan saja waktu untuk solat malam atau kegiatan lain :3

Menggunakan Alarm

Khusus untuk yang memiliki jam weker (gini bukan sih nulisnya?) atau perangkat lain yang memiliki fungsi alarm, saran saya atur alarm tsb agar bunyi berulang kali setiap 5 –  10 menit dimulai dari 1 jam sebelum waktu subuh.. Lalu simpan alarm di jarak yang tidak terjangkau tangan dari tempat anda tidur, biar ngga dimatiin terus tidur lagi.. sama aja boong gitu mah :v

Masih ngga ngaruh?? Kepada para pengguna smartphone, silakan mencoba aplikasi alarm spesial yang tersedia di App Store atau Google Play. Saya pernah mencoba salah satu aplikasi menjengkelkan yang bernama “Puzzle Alarm”, dengan apps ini kita dapat mengatur beberapa pilihan challange yang harus diselesaikan pengguna setiap kali ingin mematikan alarm dalam rentang waktu tertentu. Challange tersebut bisa berupa calculation, memorization dan lain lain. Sebenernya lumayan ampuh.. tapi kesal, kalo gagal ngeberesin challange ulang lagi dari awal dan suara akan semakin keras.. T_T (sebenernya bisa disetting sih) dan kalo berhasil malah tidur lagi dengan rasa penuh kemenangan 😦

Minta tolong orang lain

Adakah orang yang bisa diandalkan dan dimintain tolong di sekitar anda? Cara ini akan sukses dengan syarat : 1. Anda termasuk orang yang mudah dibangunkan, 2. Teman anda memang bangun dan tidak lupa, 3. Teman anda adalah orang yang sabar dan gigih jika anda tidak memenuhi syarat yang pertama, 4. Apa lagi ya??

Buat tidur anda tidak nyaman

Ini cara yang paling efektif versi saya.. Buat kondisi tidur anda setidaknyaman mungkin.. Yang saya lakukan adalah membalikkan kasur, tidur di alas yang keras (di atas selimut sih), tanpa bantal (pake  tangan), tanpa selimut (yang nutupin badan) alhasil masuk angin dan bangun setiap 2 jam sekali 😐 (secara tempatnya dataran tinggi)

IMG_20150327_125444

Berdoa

Setelah menempuh semua rangkaian di atas akhirnya saya menemukan solusi yang paling ampuh dan paling mudah dilaksanakan. Yaitu berdoa. Minta saja langsung pada Allah. Sebelum tidur niatkan dulu bahwa kita benar – benar ingin bangun subuh kemudian berdoa. InsyaAllah pasti bangun.

Sekian.
Semoga kita bukan termasuk golongan orang yang menyia-nyiakan waktu subuh 🙂

Rindu dan Penyesalan — March 21, 2015

Rindu dan Penyesalan

Alkisah ada seorang pria, sebut saja Waw
Di jenjang pendidikan SMA, ia habiskan sebagian waktu luangnya di sebuah bangunan dalam sekolah dengan ruangan yang beralaskan karpet hijau dan berhiaskan gravity negeri timur tengah. Hampir setiap hari dia memelihara ruangan tersebut, mengikuti berbagai aktivitas sosial bersama teman-teman seperjuangannya.

Namun, sejak masuk kuliah pola hidupnya berubah.. kurang lebih sekitar 105,67 derajat #halah.

Tidak menemukan teman yang sesuai dengan prinsip hidupnya, satu tahun periode awal kuliah dia gunakan untuk fokus menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri. Memasuki dunia baru yang bekerja seperti magic sangat menarik perhatian Waw, perlahan-lahan lingkungan dan kesibukan baru itu mengubah visi dan misi hidupnya.

Jiwanya tersadar setelah hampir sebagian besar masa mudanya habis direnggut oleh jutaan baris bahasa alien, belasan ribu chapter buku bergambar, ratusan episode animasi dua dimensi, ribuan ronde pertarungan virtual dan puluhan ribu menit lantunan yang melalaikan #FaktaWaw.

………………

Memperhatikan keadaan, teman bergaul dan lingkungan sekitar itu penting, jangan diremehkan..
Ini hanya soal dipengaruhi atau mempengaruhi.

”You are the average of the five people you spend the most time with.” ― Jim Rohn

“Seseorang itu menurut agama teman dekatnya, maka hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927)

Jangan sampai menyesal seperti kisah ‘Uqbah bin Abi Mu’ith yang diabadikan dalam ayat Al-Qur’an berikut :

“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang dzalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia.” (QS. Al Furqan: 27-29).

Harus pandai menjaga diri, kemalasan itu bersifat menular, tapi semangat pun dapat ditularkan..
Jadilah orang yang memiliki pendirian teguh dan mampu berpengaruh baik bagi orang di sekitarmu 😀